PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

PASCASARJANA UNIS TANGERANG
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN


Tantangan perubahan lingkungan yang dinamis serta adanya tren peningkatan ekonomi global yang pesat di Tangerang maupun di Provinsi Banten memerlukan sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki kualitas kompetitif dengan karakteristik inovatif dan kreatif. Kualitas dari Sumber Daya Manusia Indonesia yang mampu bertindak efisien, efektif, serta berbudaya, berbudi luhur, cerdik, dan berwawasan luas diharapkan mampu mengelola perusahaan baik di taraf nasional maupun multinasional.

Program Manajemen di selenggarakan berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 3399/D/T/2008 diharapkan dapat mengantispasi kebutuhan sumber daya manusia seperti tersebut di atas dan mencoba menerapkannya dengan kurikulum yang fleksibel dan dinamis sehingga mampu menghasilkan manajer-manajer yang progresif dan professional.

Kurikulum dirancang dengan bobot Strata-2 jalur profesi dengan perbandingan antara konsep dan kasus yang diatur sesuai kebutuhan. Kurikulum yang fleksibel dan dinamis akan mampu menghasilkan  lulusan yang dapat mengelola perusahaan mulai dari perencanaan strategis hingga pengendalian operasi dalam kondisi  persaingan melalui kerja sama tim yang terkoordinir.


VISI

Menjadi program studi magister manajemen unggul dan mandiri pada bidang Ilmu manajemen bisnis  berbasis moral dan etika Islami di kawasan Asia  Tenggara pada tahun 2036.

MISI

Misi Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana UNIS adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan magister manajemendan bisnis yang selaras dengan perkembangan praktek manajemen dan bisnis yang Islami.
  2. Menjadi pusat riset dan kajian bisnis yang Islami untuk pengembangan kemampuan profesional dalam praktek manajemen dan bisnis.
  3. Membangun kerjasama (networking) dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan magister manajemen.
  4. Menyelenggarakan pelatihan, penataran, seminar dan pelayanan konsultasi bisnis bagi masyarakat.

TUJUAN

Program Studi Magister Manajemen bertujuan:

  1. Menghasilkan lulusan Magister Manajemen yang memiliki kemampuan manajerial, dan praktek ilmu manajemen dan bisnis yang Islami.
  2. Menghasilkan model manajemen yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar.
  3. Menghasilkan bentuk kerjasam (netwroking) dengan pelaku bisnis.
  4. Berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat berkaitan dengan konsultasi bisnis yang berdaya saing tinggi.

KURIKULUM DAN SISTEM PERKULIAHAN

Sistem yang digunakan adalah Sistem Kredit Semester (SKS)

Masa Studi normal  bagi mahasiswa Program Studi Manajemen adalah 18 bulan dan masa studi maksimal adalah  2 kali masa studi normal (32 bulan).

Beban studi untuk masing-masing konsentrasi adalah 44 Kredit (sks) termasuk penulisan Tesis, yang diprogramkan dalam 4 semester (efektif 24  bulan).

Memiliki 4 konsentrasi, yaitu  :

  • Konsentrasi Manajemen Keuangan
  • Konsentrasi Manajemen Pemasaran
  • Konsentrasi Manajemen SDM
  • Konsentrasi Ekonomi Syariah
MATRIKULASI
1. Pengantar Bisnis & Manajemen 0 sks
2. Akuntansi untuk manajerial 0 sks
3. Teknologi untuk manajerial 0 sks
4. Teori Ekonomi 0 sks
SEMESTER I
1. Leadership 3 sks
2. Ekonomi Manajerial 3 Sks
3. Manajemen Syariah 2 Sks
4. Manajemen Pemasaran 3 Sks
5. Manajemen Operasi 3 Sks
Semester Kedua
1. Manajemen Keuangan 2 Sks
2. Manajemen Sumber Daya Manusia 3 Sks
3. Manajemen Strategig 2 Sks
4. Perencanaan Bisnis 3 Sks
5.  Metode Penelitian Sosial  3 Sks
Semester Ketiga  
1. Manajemen Invenstasi dan Resiko 2 Sks
2. Strategik Pemasaran Bersaing 2 Sks
3. Etika Bisnis Islam 3 Sks
4.  Seminar Usulan Penelitian Tesis 1 Sks
Semester Keempat
1. Tesis 6 Sks

TENAGA PENGAJAR (DOSEN)

1. Dr. Hadi Suharmo, MM
2. Dr. Sri Yanti, M.Si
3. Dr. Ruhiyat Taufik, MM
4. Dr. Raden Achmad Harianto, SE
5. Dr. Jim Hoy Yam, M.Ba
6. Dr. Joko Riyanto , MM

Related Blogs

Leave us a Comment